Rabu, 19 Oktober 2011

Komunikasi Terapeutik pada Px Gangguan Jiwa

Learning Task
1.    Seorang  pasien (Tn. Wayan) 30 tahun  di antarkan oleh keluarga ke RSJ karena ngamuk di rumah, membanting barang-barang serta mencoba melukai  saudaranya. Setelah ditanya ternyata pasien mengaku merasa marah dengan saudaranya yang selalu menentang pendapatnya. Afek labil, pembicaraan cepat dan keras, aktifitas motorik ditemukan tremor dan kompulsif. Setelah keadaan tenang perawat datang melakukan pengkajian. 
Pembahasan
Wawancara

Ns. D   : selamat pagi , bapak
W        : hmm
Ns D   : perkenalkan nama saya perawat Dwija. Saya adalah perawat yana akan merawat bapak dari jam 08.00-113.00. Nah pak, saya kan sudah memperkenalkan diri sekarang silahkan bapak memperkenalkan diri
W       : penting yaw ??
Ns D    : penting donk,, kalo gk kenal kan gk sayang pak,,,
W        : wayan arthason
Ns D    : bapak senengnya dipanggil siapa ?
W        : aya
Ns D    : baik, saya akan panggil anda dengan pak aya
W        : (pasien mengangguk)
Ns D    : pak aya, mau mengobrol dimana supaya lebih santai ??
W        : di sini saja
Ns D    : baik pak, kita mengobrol disini,
            : pak aya, hari ini saya ingin menanyakan beberapa hal mengenai kondisi bapak.
              Pak aya bisa percaya dengan saya. Apapun pembicaraan kita hari ini hanya saya, bapak, dan tuhan yang tahu
W        : o..ya…ya
Ns D    : baiklah bapak kegiatan mengobrolnya kita lakukan sekitar 10 menit
              Sebelum kita mulai kegiatannya, apa bapak ada pertanyaan ???
W        : enggak
Ns        : bagaimana tidurnya semalam pak aya  ???
W        : biasa aj
Ns        : bapak diantar  ke RS dengan siapa ??
W        :…..
Ns        : kalo boleh tahu kenapa bapak diantar kesini ???
W        : ….
Ns          : bila bapak diam dan bapak tidak mau cerita masalah bapak ke saya,, jadinya saya tidak tahu masalah bapak sehingga saya tidak bisa menyelesaikan masalah bapak. Jadi gimana  pak,, mau cerita dengan saya ??
W        : saya benci dengan saudara saya, saya ingin membunuh dia !!!
Ns        : kalau boleh tahu apa alasan bapak membenci dia ??
W        : dia jahat ! (dengan tatapan tajam)
              Dia tidak pernah mau mendengarkan perkataan saya. Dia selalu menentang saya
Ns        : bapak pernah gk ngobrol dengan saudaranya ??
W        : dia itu kuli bangunan trus pulang malam,, dia sering marah-marah dan gk mau dengerin saya
Ns       : gimana perasaan bapak sekarang ???
W        : saya sakit, saudara saya pengen saya bunuh
Ns        : bapak tahu tidak kalo menyakiti orang apalagi sampai menbunuhnya itu kn dosa dan bisa masuk neraka
W         : ya saya tahu
Ns        : bapak mau gk masuk neraka
W        : takut
Ns       : nah kalo bapak takut,sebaiknya bapak jangan menyakiti saudara bapak,
W        : tapi dia tidak mau mendengarkan saya
NS       : ya bapak,, nanti kita bisa bicarakan baik-baik, nanti saya akan bantu berkomunikasi dengan keluarga bapak
W        : oh yaw
Ns        : bapak aya tadi kn kita sudah ngobrol bapak masih inget gk nama saya
W        : dwija
Ns       : pak aya, saya senang sekali bisa ngobrol dengan bapak, kalau bapak setuju gimana kalo nanti selesai makan siang kita ngobrol lagi ? Sebentar aja kq pak,20 menit aja,
W        : hmm
Ns        : terima kasih atas kesediaan pak aya ngobrol dengan saya, baik pak saya tinggalkan dulu nanti kalo bapak butuh bantuan saya bapak bisa mencari saya. Selamat pagi pak
W        : pagi


Strategi Pelaksanaan
Strategi Komunikasi
*   Memberikan salam dan senyum pada klien

selamat pagi , bapak
*   Melakukan validasi (kognitif,afektif,psikomotor)

Pak hari ini hari apa ?
Bagaimana perasaan bapak sekarang ?
Bapak tadi ngapain saja ?
*   Memperkenalkan nama perawat
perkenalkan nama saya perawat Dwija
*   Menanyakan nama panggilan kesukaan klien
Saya boleh tahu nama bapak ?
bapak senengnya dipanggil siapa ?
*      Menjelaskan tanggung jawab dan peran  perawat-klien
Saya adalah perawat yang akan merawat bapak dari jam 08.00-13.00 WITA
*   Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan

Pak Aya, hari ini saya ingin menanyakan beberapa hal mengenai kondisi bapak.
*   Menjelaskan tujuan
Pak hari ini kita akan sedikit ngobrol-ngobrol tentang keadaaan Pak Aya,
*   Menjelaskan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan
Pak Aya, mau mengobrol dimana supaya lebih santai ?
Baik pak, kita mengobrol disini.
Baiklah bapak kegiatan mengobrolnya kita lakukan sekitar 10 menit.
*   Menjelaskan kerahasiaan
Pak Aya bisa percaya dengan saya. Apapun pembicaraan kita hari ini hanya saya, bapak, dan Tuhan yang tahu.
*      Memberikan kesempatan pada klien untuk bertanya
Sebelum kita mulai kegiatannya, apa bapak ada pertanyaan ?
*      Menanyakan keluhan utama
Bagaimana tidurnya semalam Pak Aya  ?
Bapak sudah makan?
Bapak lagi ngapain?
*      Memulai kegiatan dengan cara yang baik
Pak…(tersennyum sambil menyetuh pasien)
*      Melakukan kegiatan sesuai dengan rencana
Bapak diantar  ke RS dengan siapa ?
Kalau boleh tahu kenapa bapak diantar kesini ?
Bila bapak diam dan bapak tidak mau cerita masalah bapak ke saya,, jadinya saya tidak tahu masalah bapak sehingga saya tidak bisa menyelesaikan masalah bapak. Jadi gimana  pak,, mau cerita dengan saya ?
Kalau boleh tahu apa alasan bapak membenci dia ?
Bapak pernah tidak ngobrol dengan saudaranya ?
*      Menyimpulkan hasil  wawancara (evaluasi proses dan hasil)
Gimana perasaan bapak sekarang ?
Apa udah sedikit agak tenang ?
*      Memberikan reinforcement positif
Bapak tahu tidak kalo menyakiti orang apalagi sampai membunuhnya itu kan dosa dan bisa masuk neraka. Bapak mau gak masuk neraka ?
Nah kalo bapak takut,sebaiknya bapak jangan menyakiti saudara bapak.Sebaliknya jika sedang marah bapak ungkapkan saja dengan cara memukul bantal, atau bapak dapat melakukan hal-hal yang bermanfat misal melakukan pekerjaan rumah, bekerja atau kegiatan positif lainnya.   
*      Merencanakan tindak lanjut dengan pasien
Pak Aya, saya senang sekali bisa ngobrol dengan bapak, kalau bapak setuju gimana kalo nanti selesai makan siang kita ngobrol lagi disini? Sebentar aja  pak 20 menit aja.
*      Melakukan kontrak (waktu,tempat,topik)
Baik Pak Aya, nanti selesai makan kita ngobrol-ngobrol lagi disini, kita ngobrol tentang perasaan bapak terhadap keluarga bapak.
*      Mengakhiri wawancara dengan cara yang baik
Terima kasih atas kesediaan Pak Aya ngobrol dengan saya. Selamat beristirahat pak.
*        Catat hasil kegiatan di dalam catatan keperawatan
Hari ini tanggal../../…., saya perawat Dwija telah melakukan pengkajian kepada pasien Bapak Arthason. Respon pasien, pasien hanya menjawab singkat-singkat, pasiem diam ketika diajak bicara. Pasien mau bercerita saat dipancing dengan kata-kata.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar